Makna Kemerdekaan dari Lomba Balap Karung

Lomba balap karung, yaitu satu diantara perlombaan tradisional yang popular pada hari kemerdekaan Indonesia.

Tidak heran bila lomba ini diselenggarakan di beberapa daerah di semua penjuru negeri, baik di kota besar ataupun di desa-desa terpencil, serta begitu ketertarikan diikuti baik untuk dewasa ataupun anak-anak.
Makna Kemerdekaan dari Lomba Balap Karung

Lomba ini cukup simpel, di mana peserta diharuskan memasukkan sisi bawah tubuhnya kedalam karung lantas mereka mesti melompat-lompat untuk meraih garis finish.

Arti filosofi yang terdapat dalam lomba balap karung begitu dalam, terutama untuk mengingat kembali bebrapa saat kelam waktu penjajahan Jepang.

Rakyat Indonesia pada saat itu mesti melakukan kerja paksa atau Romusha serta sangat terpaksa mesti memakai karung goni sebagai bajunya, lantaran pemerintah Jepang dengan sengaja menghalangi sistem distribusi bahan baju.

Karung yang umum dipakai untuk membungkus beras serta gula itu begitu tak nyaman digunakan lantaran penuh kutu, sampai menyebabkan beragam jenis penyakit kulit seperti koreng serta gatal-gatal.

Oleh karenanya, lomba balap karung yang dikerjakan dengan mencapai serta melompat-lompat diatas karung jadi lambang rasa kekesalan orang-orang Indonesia akan zaman kelam dulu serta tidak ingin mengalami hal sama seperti itu lagi.

Disamping itu, masih ada arti lain yang terdapat dalam lomba balap karung, yaitu tidak mudah menyerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Dalam permainan ini, beberapa badan peserta mesti masuk kedalam karung, lalu berupaya meloncat-loncat untuk dapat hingga di garis finish.

Dapat Ibu pikirkan, begitu sulitnya untuk lari maju saat ke-2 kaki terkungkung didalam karung. Hal ini dapat dimisalkan seperti kebebasan rakyat yang terpasung oleh penjajah untuk meraih kemerdekaan.

Seringkali, dalam lomba balap karung ini peserta kerapkali terjatuh sampai terguling-guling.

Arti dari jatuh waktu lari, lalu bangkit lagi sampai pada akhirnya berhasil meraih garis finish, adalah satu deskripsi bakal semangat tidak mudah menyerah orang-orang Indonesia zaman dulu yang sudah sukses memerdekakan Indonesia.

Setelah tahu arti filosofis yang terdapat dalam lomba balap karung, jadi diharapkan setiap saat merayakan kemerdekaan dengan ikuti beragam perlombaan, tidak cuma euforia yang kita rasakan, namun dapat juga menghayati arti dari seluruh perlombaan yang didasarkan atas sulitnya perjuangan meraih kemerdekaan.

Sebagai orangtua, Ibu dapat juga bercerita arti lomba balap karung ini pada si kecil supaya ia senantiasa menghormati histori serta perjuangan beberapa pahlawannya dulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

0 Response to "Makna Kemerdekaan dari Lomba Balap Karung"

Poskan Komentar