Agar Anak Cerdas Intelektual

Satu diantara doa yang selalu dipanjatkan orangtua untuk anak-anaknya yaitu supaya mereka jadi sosok yang cerdas, terdidik serta mempunyai pengetahuan.

Seribu jenis langkah dikerjakan karenanya. Satu diantaranya berburu sekolah yang menurut asumsi orangtua yaitu yang paling baik untuk anaknya serta dapat jadi wadah untuk mengasah ketertarikan serta bakatnya, supaya mereka tumbuh berkembang jadi insan yang diinginkan.
Agar Anak Cerdas Intelektual

Mendidik anak supaya cerdas adalah tanggung jawab orangtua yang tidak kalah utama.

Pendidikan Intelektual menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan merujuk pada pembentukan serta pembinaan berfikir anak dengan semua suatu hal yang berguna, ilmu dan pengetahuan, hukum, peradaban ilmiah serta modernisme dan kesadaran memikirkan serta berbudaya.

Inti dari tanggung jawab ini yaitu pengetahuan, rasio (logika) serta peradaban anak betul-betul terbina.

Ada 3 persoalan pokok dalam pendidikan intelektual itu yaitu :

1. Keharusan mengajar

Islam mewajibkan beberapa orangtua untuk mengajar anak-anak, menumbuhkan sikap meningkatkan pengetahuan serta budaya, dan memusatkan semua fikiran untuk meraih pemahaman yang mendalam, pengetahuan yang mendasar serta pengenalan yang benar.

Nyatalah telah kalau orangtua serta keluarga yaitu madrasah atau sekolah paling utama buat anak-anak mereka.

Fenomena yang sering salah yaitu saat beberapa orangtua merasa kalau pekerjaan mengajarkan anak yaitu pekerjaan sekolah dengan cara formal.

Mereka disibukkan dengan mencari duit sebanyak mungkin dalam rencana menyekolahkan anaknya walau mahal sekalipun.

Seakan berpindah peran kalau pekerjaan mengajar itu telah di ambil alih oleh beberapa guru di sekolah formal. Walau sebenarnya tidak, sekolah cuma berbentuk membantu serta meningkatkan, tetapi peran mendidik tetaplah di tangan orangtua.

Disini lah begitu diperlukan orangtua dengan semua pengetahuan yang dipunyainya dapat menemani serta mengantar anak-anaknya jadi sosok-sosok pandai melebihi diri mereka.

Tidak ada arti percuma ijazah yang dipunyai seseorang ibu yang kebetulan tak bekerja di ruangan publik, lantaran pengetahuan yang ia punyai tentu berguna buat pendidikan anak-anaknya dirumah. Beneran lho.

2. Penyadaran Berpikir

Yang disebut penyadaran memikirkan yaitu mengikatkan anak dengan Al Islam, Al Quran, Histori Islam, kebudayaan Islam serta gerakan da’wah Islam.

Mulai sejak anak mulai sadar serta tahu sebaiknya beberapa orangtua mengenalkan anak pada sebagian inti tersebut :

a) Islam itu kekal, sesuai sepanjang masa lantaran universalitas serta kontinuitas jadi keunggulan Islam,

b) Nenek moyang kita berjaya lantaran berdasar teguh pada islam serta ketentuan Al Qur’an,

c) Ada beberapa gagasan musuh Islam yang menginginkan memadamkan ruh islam di muka bumi seperti zionisme, kolonialisme dll.

d) menerangkan mengenai budaya islami sebagai sumber kekayaan budaya didunia,

e) anak mesti disadarkan kalau Islam yang benar yaitu seperti yang di ajarkan Rasulullah SAW serta selalu menjadikan beliau teladan umat.

Artinya tidak gampang ya untuk jadikan anak-anak kita mempunyai kesadaran memikirkan seperti diatas bila kita sendiri sebagai ortu tidak mempunyai pemahaman juga wawasan materi yang cukup untuk memperkenalkan hal demikian pada anak.

So sebelumnya mendorong anak demikian, mari kita asah juga wawasan kita dengan adanya banyak menggali Islam lewat banyak langkah serta pastinya mencari trick tepat bagaimana mengemukakan penyadaran itu pada anak-anak kita.

3. Pemeliharaan Kesehatan Intelektual

Bagaimana caranya kita sebagai orangtua dapat menjamin kalau pemikiran anak-anak kita tetap sehat, ingatan mereka kuat, benak yang selalu jernih serta akal tetap matang?

Yang pasti tanggung jawab ini berpusat pada usaha menghindari mereka dari sebagian kerusakan paling besar yang menyebar didalam masyarakat.

Beberapa pakar kesehatan setuju serta memperingatkan kalau beberapa kerusakan yang bisa memengaruhi akal serta ingatan yaitu minuman keras, rutinitas masturbasi, merokok serta pornografi.

Dr. Alex Carel dalam bukunya yang berjudul “Manusialah yang Dibodohkan” menyampaikan, “jika insting seksual manusia bergerak, kelenjar-kelenjarnya memisahkan satu macam benda yang meresap kedalam otaknya lewat darah lantas memabukkannya, jadi ia akan tidak dapat lagi untuk memikirkan jernih”.

Ya Allah jadikanlah kami termasuk juga orang-orang yang mentaati Allah serta Rasul-Nya, termasuk juga orang-orang yang wajahnya putih pada hari hisab kelak, serta termasuk juga beberapa orang yang melakukan tanggung jawabnya pada anak-anak serta keluarga dengan baik. Sesungguhnya Engkau yaitu sebaik-baik yang Diharapkan serta semulia-mulia yang Diminta. Aamiin.

0 Response to "Agar Anak Cerdas Intelektual"

Poskan Komentar