10 CARA MUDAH MENCEGAH TERJADINYA DIARE

Sebelumnya kita mengulas lebih jauh mengeni 10 cara mudah dan sehat mencegah terjadinya diare, sebaiknya Anda mengenal lebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan diare itu?

Menurut wikipedia diare yaitu satu penyakit dimana tinja atau feses beralih jadi lembek atau cair yang umumnya berlangsung paling sedikit tiga kali dalam 24 jam.

Di negara berkembang, diare yaitu penyebabnya kematian paling umum kematian balita, serta
membunuh lebih 2, 6 juta orang tiap-tiap tahunnya.

Diare umumnya terjadi dikarenakan oleh sebagian infeksi virus namun juga kerapkali karena toksin bakteria.

Dalam keadaan hidup yang bersih serta dengan makanan memenuhi serta air ada, pasien yang sehat umumnya pulih dari infeksi virus dalam beberapa hari serta paling lama 1 minggu.

Tetapi untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare bisa mengakibatkan dehidrasi yang kronis serta bisa mengancam jiwa apabila tanpa ada perawatan.

Untuk pencegahan terjadinya diare, mesti dibiasakan hidup sehat. Berikut 10 tips yang bisa Anda lakukan yang bisa menolong anda serta keluarga terlepas dari penyakit diare.


  1. Senantiasa gunakan alas kaki, terlebih bila ditempat yang becek atau ada genangan air hujan, untuk menghindar masuknya kuman lewat kulit.
  2. Jagalah kebersihan diri lewat cara membersihkan tangan dengan sabun sampai bersih tiap-tiap sebelum dan setelah memproses makanan, sebelumnya makan, sesudah melancong, serta sesudah dari toilet.
  3. Jagalah kebersihan lingkungan, baik didalam ataupun di sekitaran tempat tinggal Anda, dengan buang sampah pada tempatnya, serta bersihkan selokan yang terhalang oleh sampah,.
  4. Senantiasa bersihkan sayuran serta buah sebelumnya dikonsumsi.
  5. Baiknya tak memotong ataupun memproses bahan makanan yang mentah dengan yang masak dengan alat masak yang sama, untuk menghindar kerancuan silang.
  6. Masak makanan sampai masak, terlebih bahan makanan seperti daging, ayam, ikan ataupun telur, minimum sampai suhu 70 derajat Celcius.
  7. Baiknya taruh makanan masak yg tidak habis dikonsumsi dalam almari es serta panasi kembali terlebih dulu bila menginginkan dikonsumsi kembali.
  8. Senantiasa mengkonsumsi air minum serta air untuk memasak dalam keadaan masak atau telah dimasak sampai mendidih, supaya bakteri yang ada di air itu mati.
  9. Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, terlebih protein, vitamin, mineral, serta air untuk melindungi ketahanan badan tetaplah kuat hingga terproteksi dari infeksi kuman penyakit.
  10. Olahraga teratur untuk melindungi kesehatan badan.

Melindungi kesehatan sangat utama, karenanya membiasakan diri dengan gaya hidup sehat yaitu investasi untuk hari esok yang lebih sehat lagi. Selamat mempraktekan cara mudah mencegah diare di atas, ya.