CARA MENGATASI VARISES SECARA ALAMI DAN CEPAT

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh wanita maupun pria adalah varises. Ketika pembuluh darah vena tidak mampu untuk mengembalikan sisa-sisa darah metabolisme tubuh ke jantung, maka akan membuat varises muncul.

Selain itu sirkulasi darah di bagian vena yang mengalami hambatan juga dapat memicu timbulnya varises.

Ketahui juga: 7 faktor penyebab varises

Gejala dari penyakit tersebut mudah diketahui antara lain kaki mudah kram, tungkai dan kaki terasa berat, muncul pembuluh mirip rambut, dan lain-lain. Bagi anda yang mengalami varises.

5 cara mengatasi varises secara alami dan cepat

Berikut cara untuk mengatasi varises :

CARA MENGATASI VARISES SECARA ALAMI DAN CEPAT

• Kurangi waktu berdiri dan duduk

Kebiasaan berdiri dan duduk terlalu lama, akan membuat munculnya varises di kaki. Jika anda lebih sering beraktivitas duduk, ada baiknya anda setiap 40 sekali berdiri dan berjalan jalan sebentar.

Dan jika aktivitas anda lebih sering berdiri, 40 menit sekali anda duduk dan lakukan dalam beberapa menit.

Yang perlu diingat dari cara mengatasi varises ini adalah jangan membiarkan kaki anda menopang berat badan anda secara berlebihan dan lama.

• Hindari menggunakan heels

Sebagian besar wanita pada zaman ini sangat suka menggunakan heels, penggunaan heels sebenarnya mengganggu kesehatan, terutama kesehatan kaki.

Bagi anda yang menggunakan heels, cara mengatasi varises adalah dengan mengurangi penggunaan heels tersebut. Karena penggunaan heels ini akan membuat varises di kaki anda semakin parah dan bertambah banyak.

Jika pekerjaan anda mewajibkan menggunakan heels, anda lakukan peregangan kaki setiap 40 menit sekali.

• Menjaga berat badan

Salah satu cara mengatasi varises yang paling utama adalah dengan tidak membiarkan kaki menopang berat badan yang berlebih.

Oleh karena itu bagi anda yang mengalami obesitas atau berat badan yang berlebih lakukanlah diet.

Dan bagi anda yang sudah mempunyai berat badan ideal, anda harus mampu menjaga berat badan anda agar tidak mengalami kenaikan yang drastis.

• Lakukan sedikit latihan

Varises yang anda alami dapat terjadi karena kurang latihan atau berolahraga, untuk cara mengatasi varises tersebut pun anda harus melakukan latihan atau olahraga.

Namun perlu diingat, jangan lakukan latihan atau olahraga yang berlebih. Ini karena olahraga berlebih akan membuat munculnya varises di kaki anda. Untuk mengatasi varises anda dapat berjalan kaki selama maksimal 30 menit.

• Tinggikan kaki

Salah satu cara mengatasi varises yang paling mudah adalah dengan meninggikan kaki lebih tinggi dari kepala. Anda dapat melakukan cara tersebut sebelum anda tidur.

Anda lakukan cara tersebut selama 30 menit. Darah yang ada di kaki akan menuju ke organ jantung. Sehingga pembuluh darah anda tidak akan tersumbat.

Demikianlah beberapa cara mengatasi varises yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bisa membantu mengatasi varises yang tengah anda alami saat ini.