MILIKI HIDUP SEHAT DENGAN MAKANAN SEHAT

Makanan Sehat Membuat Hidup Sehat dan Berkualitas

Arti dari makanan sehat adalah makanan yang mengandug gizi seimbang dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kata lain makanan yang sehat terdiri makanan utama dan makanan penunjang atau yang biasa disebut dengan menu 4 sehat 5 sempurna.

Makanan yang sehat sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tubuh kita. Makanan dikatakan sehat jika makanan tersebut tidak membuat kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Salah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan membuat kita menjadi rentan terkena penyakit. Untuk itu kita harus lebih memperhatikan asupan makanan yang baik dan sehat untuk tubuh kita.

Hidup sehat dengan makanan sehat

Agar terhindar dari overweight, jangan makan makanan yang tidak menyehatkan. Makanan sehat pun sebenarnya dapat membuat tubuh kita kelebihan berat badan. Sederhananya, jika tubuh kita menerima asupan gizi yang terlalu banyak akan memicu penambahan berat badan sekalipun itu adalah makanan yang sehat.

Maka dari itu sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Alangkah baiknya jika kita memenuhi gizi untuk tubuh kita dengan asupan yang cukup. Usahakan penuhi menu makanan anda dengan karbohidrat dan protein. Jika anda harus mengemil hindari cemilan dengan kadar gula yang tinggi. Untuk itu perlunya Anda memahami juga artikel tentang kesehatan.

Secara garis besar makanan sehat dapat diartikan sebagai makanan yang sarat akan gizi dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak mengandung sumber penyakit. Tujuan kita mengkonsumsi makanan yang sehat adalah agar tubuh kita lancar dalam perkembangan serta pertumbuhannya.

makan berlebih tidak sehat

Jika kita sering mengkonsumsi makanan yang kurang akan gizi maka pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita akan lambat. Mengkonsumsi makanan secara berlebih juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Tubuh kita akan menjadi gemuk. Jika sudah gemuk maka aliran darah pada tubuh kita tidak lancar. Sehingga memudahkan kita terkena sesak napas dan jantung bekerja menjadi lebih berat. Silahkan baca juga mengenai artikel kesehatan .

Asupan makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh setidaknya mengandung protein dan karbohidrat. Lebih bagus jika ditambah dengan vitamin, lemak, dan mineral. Protein merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sebagai sumber energi. Protein sendiri memiliki fungsi sebagai pemeliharaan serta pertumbuhan untuk semua sel yang ada di dalam tubuh.

Selain itu protein juga memiliki peranan yang penting yaitu untuk memproduksi hormon-hormon yang penting bagi tubuh seperti hormon insulin, hormon testosteron, hormon esterogen, dan hormon tiroid.

Protein yang terkandung di dalam makanan sehat terdiri dari 2 jenis. Yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani dapat kita temui pada daging, susu, dan telur. Asam amino yang terkandung di dalam protein tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupan dari luar.

Protein nabati bersumber pada tumbuh-tumbuhan. Asam amino pada protein nabati tidak lengkap. Kedelai memiliki asam amino yang paling terlengkap. Protein hewani banyak kita dapatkan pada tumbuhan biji-bijian dan juga pada kacang-kacangan.

Selain protein yang dibutuhkan oleh tubuh, karbohidrat sama halnya dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat berfungsi sebagai pemenuh energi untuk memulai aktivitas anda. Karbohidrat banyak terkandung pada makanan pokok. Seperti beras, jagung, umbi-umbian, dan gandum serta sagu.

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber energi, penyimpan cadangan energi, dan juga sebagai pembentuk protein serta lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski memiliki manfaat yang banyak, tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak. Karena ditakutkan akan dapat mengakibatkan penyakit diabetes.

Sedangkan jika kita kekurangan mengkonsumsi karbohidrat, maka akibat buruk yang dapat ditimbulkan adalah tubuh menjadi kekurang gizi, mudah lelah dan lesu. Oleh karena itu konsumsi makanan sehat yang mengandung karbohidrat secukupnya saja. Tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak.

Makanan sehat dan bergizi seimbang tidak harus yang mahal dan enak. Yang terpenting adalah makanan yang kita konsumsi itu memiliki 4 macam jenis. Yaitu makanan pokok, sayuran, buah-buahan, dan lauk pauk. Makanan pokok contohnya adalah nasi, jagung, roti.Makanan pokok merupakan makanan utama dan mengandung karbohidrat.

Sayuran contohnya adalah bayam, selada, kangkung, wortel. Buah-buahan contohnya pisang, apel, jeruk, anggur. Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang menjaga tubuh kita dari terserang penyakit.

Sedangkan lauk pauk contohnya ikan, daging, tempe, tahu. Lauk pauk mengandung protein yang dibutuhkan juga oleh tubuh kita. Semoga contoh artikel kesehatan mengenai makanan yang sehat dan baik di atas bermanfaat bagi Anda.

Diet Sehat Dengan Makanan Sehat

Memiliki tubuh ideal dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Kita dapat memiliki tubuh yang sehat dan ideal asalkan kita dapat mengatur pola hidup, tips kesehatan , dan makanan kita dengan benar.

Memilah makanan sehat bukan berarti kita harus makan yang sedikit agar tubuh kita tidak mengalami kenaikan berat badan. Ada beberapa makanan sehat untuk diet yang akan membuat anda merasa lebih lama kenyang sehingga anda tidak perlu cemilan lagi.

Nanas merupakan buah yang dapat membuat anda kenyang lebih lama. Nanas mengandung kandungan air yang banyak. Selain nanas, semangka juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan air yang ada di dalamnya lebih banyak daripada jenis buah lainnya.

diet dengan makanan sehat

Makanan sehat untuk diet lainnya adalah sayuran dengan aneka warna. Warna hijau dari sayuran banyak mengandung antioksidan yang dapat mencegah dari terkena penyakit kanker. Selain lebih ramping, tubuh kita juga menjadi sehat.

Ikan sarden juga merupakan makanan sehat yang cocok untuk kita yang ingin menerapkan diet sehat. kandungan omega 3 yang ada di dalamnya lebih banyak daripada ikan tuna. Mengkonsumsi sah-sah saja jika anda ingin.

Tapi alangkah baiknya jika anda membuat sendiri di rumah karena akan lebih sehat. jika kita menahan rasa ingin makan junk food, justru akan mendorong kita untuk lebih banyak mengkonsumsi junk food. Alih-alih ingin memiliki tubuh yang ideal malah mendapatkan tubuh yang semakin membengkak. Gantilah menu cemilan anda dengan sayuran dan buah-buahan yang lebih sehat.

Resep Makanan Sehat Untuk Diet Sehat

Diet bukan berarti kita makan makanan yang tidak enak. Kita dapat tetap makan makanan yang enak selama makanan itu merupakan makanan sehat dan dapat membantu kita dalam program diet sehat. Perlu diperhatikan juga menu diet kita selain program yang akan kita jalani.

Selain olahraga, menu dan resep makanan sehat untuk diet juga harus kita susun untuk sehari-harinya agar terprogram. Menu diet yang sehat adalah yang banyak mengandung serat dan protein karena dapat menahan rasa lapar kita dan kita merasa kenyang lebih lama.

buah mangga makanan sehat untuk diet

Ada beberapa resep makanan sehat untuk program diet sehat kita. Salah satunya adalah kita dapat membuat salad mangga. Cara membuatnya juga cukup mudah. Kupas mangga arum manis dan potong sesuai selera. Campur dengan gula dan garam secukupnya, bawang merah yang sudah diiris tipis, dan cabe rawit sesuai selera. Aduk rata lalu tambahkan dengan perasan air jeruk nipis. Dapat disimpan di dalam kulkas dan tambahkan daun ketumbar jika suka.

Selain itu kentang panggang maupun smoothies buah-buahan juga makanan sehat untuk menu diet sehat kita. Jangan bumbui kentang panggang kita karena hanya akan menambah lemak. Cukup panggang kentang beserta kulitnya untuk mendapatkan serat yang banyak. Pastikan cuci bersih terlebih dahulu sebelum dipanggang.

Menu makanan sehat untuk diet sehat kita lainnya adalah roti gandum. Roti gandum banyak memiliki serat daripada roti biasa. Selain itu roti gandum juga memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks sehingga tidak membuat tubuh menjadi lebih mudah gemuk. Pilih roti gandum sebagai camilan sehat anda atau sarapan pagi anda dengan menambahkan salad dan telur atau sesuai dengan selera anda tapi juga harus yang sehat. So, betapa pentingnya mengetahui mengenai artikel kesehatan makanan sehat.