GEJALA AWAL KANKER RAHIM YANG UMUM TERJADI

Salah satu penyakit yang paling berbahaya untuk kaum wanita adalah kanker rahim, atau yang biasa disebut kanker serviks. Penyakit kanker rahim ini 90 persen dipicu Human Papilloma Virus (HPV) 16 dan 18.

Penyakit kanker rahim sangat sulit untuk didiagnosa, oleh karena itu dengan mengetahui gejala awal kanker rahim dapat menjadi tindakan pencegahan terhadap penyakit mematikan tersebut. Gejala-gejala dari penyakit kanker rahim tersebut antara lain :

• Keputihan
Keputihan merupakan gejala awal kanker rahim yang mudah diketahui. Keputihan merupakan hal wajar dialami oleh kaum wanita, karena ini merupakan bakteri yang keluar dari miss vegi agar miss vegi bersih. Keputihan yang menjadi gejala kanker rahim adalah keputihan yang tidak wajar, yakni jumlah keputihan yang banyak, berbentuk kental, memiliki bau tidak sedap, terdapat bakteri yang membuat keputihan tersebut memiliki warna.Baca juga, ini lho ternyata jamur dan bakteri penyebab keputihan.

gejala awal kanker rahim

• Rasa sakit di bagian pelvis
Jika anda mengalami rasa sakit di bagian Pelvis, lebih baik anda langsung ke dokter kandungan, karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala awal kanker rahim. Rasa sakit pada pelvis ini biasanya dibarengi dengan rasa mual ringan hingga sakit yang sangat tajam. Dan rasa sakit pelvis ini dapat terjadi selama berjam-jam.

• Pendarahan ketika sedang pemeriksaan Pelvis
Ketika anda sedang melakukan pemeriksaan pelvis dan terjadi pendarahan, bisa jadi itu merupakan gejala awal kanker rahim. Selain pendarahan saat melakukan pemeriksaan Pelvis, pendarahan juga bisa terjadi saat anda melakukan hubungan seksual dengan suami anda atau disela sela saat anda menstruasi. Rasa sakit saat berhubungan seksual juga dapat menjadi tanda adanya kanker rahim di diri anda.

Baca juga:
9 Makanan sehat untuk memperkut rahim
Inilah obat tradisional yang bisa basmi kista tanpa oprasi
Obat herbal alami untuk kanker ovarium (share sahabat)

• Rasa sakit saat buang air kecil
Setiap manusia pasti akan buang air kecil. Ini karena air atau cairan di dalam tubuh yang sudah tidak berguna akan dikeluarkan oleh tubuh berupa urine, jika saat anda buang air kecil anda merasa sakit, mungkin saja itu adalah gejala awal kanker rahim. Jika gejala ini mulai terasa menandakan kanker sudah menjalar ke kandung kemih.

• Pendarahan yang tidak normal
Dalam setiap bulan, wanita pasti akan mengalami pendarahan atau biasa disebut menstruasi. Dan untuk gejala awal kanker rahim, pendarahan ini tidak normal, yakni jumlah pendarahan yang lama, dan juga jumlah pendarahan yang banyak. Atau beda dari biasanya. Pendarahan ini bisa memakan waktu satu bulan.

Itulah beberapa gejala awal kanker rahim yang harus diperhatikan dan diwaspadai. Jika anda mengalami satu atau beberapa gejala tersebut, lebih baik anda periksa ke dokter kandungan atau bidan untuk lebih jelas. Karena bisa jadi gejala tersebut iritasi atau masalah yang lain bisa juga merupakan gejala kanker rahim. Dengan pemeriksaan lebih awal, penyakit tersebut dapat cepat terdeteksi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.