Gejala Kanker Usus Besar Yang Perlu Anda Waspadai

Kanker usus besar merupakan penyakit yang terjadi karena ketidaknormalan pertumbuhan sel di bagian usus buntu, usus besar, usus kecil dan anus. Kanker ini biasanya terjadi karena obesitas, usia, keturunan, jarang mengonsumsi sayur, dan kebiasaan merokok.

Kanker ini sangatlah berbahaya, untuk mencegahnya anda harus mengetahui gejala kanker usus besar, sehingga jika terjadi gejala tersebut langsung dapat teratasi, dan tidak akan membuat penyakit tersebut semakin parah. Gejala-gejala tersebut antara lain :

• Terdapatnya darah pada tinja
Terdapatnya darah pada tinja merupakan gejala kanker usus besar yang paling utama. Ini karena kanker di dalam usus mengeluarkan darah dan akan bercampur dengan tinja. Selain itu penderita kanker usus besar juga akan mempunyai tinja yang tipis dan panjang.

• Menimbulkan Anemia
Karena gejala kanker usus besar yang utama adalah adanya darah di tinja, membuat tubuh mengeluarkan banyak darah. Sehingga tubuh akan kekurangan darah (anemia). Sang penderita kanker usus akan mempunyai warna kulit yang pucat.

• Kelelahan
Anemia yang dijalani oleh penderita kanker usus besar akan menimbulkan gejala kanker usus besar yang lain yakni kelelahan. Banyaknya darah yang keluar dari tubuh membuat sang penderita sangat mudah merasa lelah. Kelelahan merupakan suatu hal yang umum. Namun jika kelelahan disertai dengan gejala pada kanker usus besar, ini perlu diwaspadai karena menandakan kanker usus besar di tubuh anda.

• Berat badan yang menurun
Drastisnya berat badan yang menurun sedangkan anda tidak melakukan program diet, dapat menandakan gejala kanker usus besar yang anda derita. Ini karena usus tidak dapat mencerna makanan dengan baik.

• Terdapat masalah saat buang air besar
Karena kanker ini menyerang bagian usus, akan membuat gejala kanker usus besar berupa masalah masalah pada bagian usus antara lain adalah sembelit, diare dan yang lainnya. Sembelit dan diare bisa menjadi gejala kanker dan bisa juga tidak. Jika sembelit dan diare disertai dengan gejala kanker yang lain, ini menandakan kanker usus besar. Namun jika tidak disertai gejala kanker yang lain menandakan bahwa sembelit dan diare tersebut hanya masalah pencernaan.

• Perut yang tidak nyaman
Saat kanker usus besar mulai menyebar, akan menimbulkan gejala kanker usus besar pada bagian perut. Seperti kembung, rasa sakit, rasa nyeri, dan inflamasi.

perut tidak nyaman Gejala Kanker Usus Besar Yang Perlu Anda Waspadai

• Obesitas
Salah satu penyebab kanker usus besar adalah obesitas. Untuk kasus ini, gejala kanker usus besar berupa perut buncit.

Itulah beberapa gejala kanker usus besar yang wajib untuk diperhatikan, agar nantinya jika terdapat gejala gejala tersebut, langsung dapat tertangani. Sehingga kanker usus besar tersebut tidak akan menyebar ke seluruh tubuh dan semakin parah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai penyakit kanker usus besar.