f GEJALA TUMOR OTAK YANG JARANG DIKETAHUI

GEJALA TUMOR OTAK YANG JARANG DIKETAHUI

Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk tubuh. Karena segala sesuatu yang anda kerjakan berasal dari otak. Gerak tubuh juga berasal dari otak.

Otak dapat mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah tumor otak. Tumor itu sendiri terdiri dari dua jenis, tumor jinak dan tumor ganas.

Untuk tumor ganas sendiri biasa disebut kanker otak. Terdapat gejala tumor otak yang dapat anda ketahui. Karena biasanya gejala ini mirip atau sama dengan penyakit penyakit umum yang biasa dirasakan oleh kebanyakan orang.

Untuk itu anda harus memperhatikan gejala tumor otak berikut :

• Nyeri di kepala
Nyeri yang terasa di kepala biasanya menjadi gejala tumor otak yang paling banyak terjadi. Untuk penderita tumor otak, nyeri kepala beda dengan nyeri kepala pada umumnya. Nyeri kepala pada penderita tumor otak biasanya terjadi di bagian belakang telinga dan bagian belakang kepala. Nyeri kepala ini juga disertai dengan rasa mual bahkan hingga mengalami muntah.


• Kejang dan turunnya kesadaran
Turunnya kesadaran merupakan gejala tumor otak yang sudah berkelanjutan. Selain turunnya kesadaran, penderita tumor otak akan sering mengalami kejang. Jika anda mengalami kejang kejang dan tidak ada riwayat penyakit kejang, hal ini perlu diwaspadai.

• Terganggunya pendengaran dan penglihatan
Adanya tumor di otak akan menimbulkan gejala tumor otak berupa gangguan pada telinga dan mata. Semakin bertumbuhnya sel tumor akan menurunkan daya dengar. Dan rasa nyeri pada kepala akan membuat mata mengalami penurunan penglihatan. Bila umur muda atau dini sudah mengalami pandangan ganda, kabur dan berbayang dapat menjadi gejala awal dari tumor otak.

Baca juga:
Gejala tumor otak pada anak
Pengobatan alternatif kanker otak

• Kesulitan berbicara
Jika tumor di otak semakin berkembang, akan memunculkan gejala tumor otak yang lebih parah yakni kesulitan dalam berbicara. Selain mengalami kesulitan berbicara, penderita tumor otak tidak dapat memahami perintah, dan kata kata.

• Keseimbangan tubuh terganggu
Otak merupakan organ yang mengatur keseimbangan tubuh. Dengan adanya tumor di otak akan membuat otak mengalami gangguan yang merupakan gejala tumor otak. Gangguan tersebut adalah keseimbangan tubuh yang bermasalah. Penderita tumor otak akan mudah goyah, apalagi jika nyeri kepala sedang menyerang.

• Separuh tubuh menjadi lemah
Lemahnya separuh tubuh dapat menjadi gejala tumor otak. Lemahnya separuh tubuh terjadi karena otak mengalami kelemahan dalam berfikir. Sehingga perintah untuk menggerakkan tubuh menjadi lemah.

• Memori terganggu
Jika tumor otak mulai berkembang parah, ini akan menunjukkan gejala tumor otak stadium 4. Gejala tersebut adalah hilangnya memori di dalam otak, dan perilaku sang penderita akan berubah.
Agar tumor otak dapat diobati dengan cepat, jangan anda sepelekan gejala tumor otak yang ada di atas. Jika anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, segeralah anda melakukan pemeriksaan di dokter.

Itulah tadi beberapa gejala tumor otak yang jarang diketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.