f CARA ALAMI MENCEGAH GIGI YANG BERLUBANG [HEBOH]

CARA ALAMI MENCEGAH GIGI YANG BERLUBANG [HEBOH]

Kesehatan gigi adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kesehatan gigi sebenarnya sangat tergantung dari pola makan dan pola kebersihan anda.

Masalah gigi yang paling banyak dialami orang adalah gigi berlubang, cara mencegah gigi berlubang sebenarnya sangat perlu diterapkan sejak dini sebelum gigi anda terlanjur berlubang.

Karena jika gigi anda sudah terlanjur berlubang, akan sulit untuk menyembuhkannya. Berikut beberapa cara mencegah gigi berlubang yang harus anda lakukan sejak dini :

CARA ALAMI MENCEGAH GIGI YANG BERLUBANG

1. Rajin menggosok gigi

Cara mencegah gigi berlubang yang pertama dan paling utama adalah rajin menggosok gigi. Gosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu sehabis sarapan dan malam sebelum tidur. Karena dengan menggosok gigi maka kebersihan mulut akan terjaga, sehingga bakteri yang menempel pada mulut bisa dihilangkan. Bakteri itulah yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Anda dapat menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung floraid.

Baca juga,
Obat sakit gigi tradisional yang ampuh
Obat sakit gigi darurat untuk anak kecil, coba ini!

2. Kurangi makanan manis

Makanan manis yang banyak mengandung gula dapat menjadi penyebab datangnya bakteri pada mulut anda. pasalnya gula adalah jenis makanan yang dapat dengan mudah menempel dan terselip di gigi anda dan dapat menjadi pemicu datangnya bakteri penyebab gigi berlubang. Cara mencegah gigi berlubang selanjutnya adalah dengan mengurangi makan makanan manis.

3. Banyak berkumur

Selain dengan gosok gigi, cara mencegah gigi berlubang yang dapat anda lakukan di luar rumah adalah dengan berkumur. Dengan cara berkumur ini akan membuat bakteri yang menempel pada gigi anda keluar bersama air yang digunakan untuk berkumur tersebut. Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut. Selain untuk mengeluarkan bakteri dan sisa makanan berkumur juga dapat menjaga kesegaran nafas.

4. Mengunyah permen karet bebas gula

Cara mencegah gigi berlubang selanjutnya adalah dengan mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula. Dengan mengunyah permen karet akan merangsang kelenjar air liur mengeluarkan air liur lebih banyak, sehingga dapat membersihkan mulut dari bakteri-bakteri yang menempel di mulut. Selain untuk memicu air liur yang lebih banyak, dengan mengunyah permen karet juga dapat menambah kekuatan gigi.

Baca juga, obat sakit gigi ponstan, bolehkah?

5. Konsultasi ke dokter gigi

Cara mencegah gigi berlubang yang terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali. Pemeriksaan ke dokter gigi ini akan sangat membantu anda mendeteksi kesehatan gigi anda, dan dapat mendeteksi apa bila terjadi kerusakan gigi atau bagian mulut lain seperti lidah. Jika anda rajin mengkonsultasikan kesehatan mulut ke dokter, maka akan membantu anda menangani masalah mulut dan gigi, jika sewaktu-waktu terdeteksi kerusakan.

Demikian 5 cara mencegah gigi berlubang yang sudah disampaikan di atas, semoga dapat meningkatkan kesadaran anda terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan pola makan yang baik. Semoga pembahasan tentang cara mencegah gigi berlubang di atas bermanfaat bagi anda.