f CARA MUDAH MENGOBATI BATUK SECARA ALAMI

CARA MUDAH MENGOBATI BATUK SECARA ALAMI

Batuk adalah penyakit yang disebabkan karena peradangan tenggorokan, penyebab peradangan ini sendiri biasanya dikarenakan virus atau bakteri. Jika anda sudah terserang batuk, sebaiknya anda segera mencari tahu cara mengobati batuk secara alami, karena cara mengobati batuk secara alami ini tentu lebih aman, tidak akan ada efek samping dari bahan-bahan yang mudah digunakan.


Beda halnya jika anda melakukan pengobatan menggunakan obat-obatan kimia. Bahan-bahan yang digunakan dalam cara mengobati batuk secara alami antara lain sebagai berikut :

1. Jahe
Bumbu dapur yang dapat menghangatkan badan ini berkhasiat baik untuk mengobati batuk, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Jahe dapat meredakan gatal pada tenggorokan sehingga baik untuk pengobatan batuk, cara konsumsinya adalah dengan membuat minuman jahe. Minum wedang jahe ini 3 kali sehari.

2. Kunyit
Cara mengobati batuk secara alami selanjutnya adalah menggunakan kunyit. Kandungan dalam kunyit yang dapat membantu kekebalan tubuh dan membunuh virus penyebab batuk, sangat cocok digunakan untuk obat batuk. Cara konsumsinya adalah dengan membuat minuman dari kunyit dan campuran gula aren. Anda juga dapat menggunakan kunyit bubuk.

3. Jeruk nipis
Rasa asam pada jeruk nipis berfungsi merangsang keluarnya air liur lebih banyak. Dengan keluarnya air liur yang lebih banyak, dapat membuat virus penyebab batuk keluar dari mulut anda. selain itu jeruk nipis juga dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Anda bisa membuat jeruk nipis hangat untuk diminum 2 kali sehari.

4. Madu
Bahan yang sudah terkenal memiliki beragam khasiat ini juga dapat digunakan dalam cara mengobati batuk secara alami, anda dapat menambahkan sedikit taburan lada putih pada madu yang akan digunakan untuk obat batuk. Tambahan lada putih ini akan mempercepat proses penyembuhan anda.

5. Daun sirih
Selain banyak digunakan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita, daun sirih juga memiliki khasiat untuk mengobati batuk. Cara pengolahannya adalah dengan merebus daun sirih dan tambahkan cengkeh, kapulaga, kemukus dan kayu manis. Rebus semua bahan hingga mendidih dan minum ramuan ini 3 kali sehari.

6. Daun asam muda
Cara mengobati batuk secara alami selanjutnya menggunakan daun asam muda yang direbus dan dicampur dengan gula aren. Minum air rebusan daun asam muda ini 3 kali sehari. Pengobatan menggunakan daun asam muda ini paling cocok untuk batuk kering

7. Serai
Lain dengan daun asam muda, serai adalah bahan yang digunakan dalam cara mengobati batuk secara alami yang paling cocok untuk batuk berdahak. Cara pengolahan serai ini adalah dengan merebus beberapa helai serai dan minum air rebusan serai tersebut 1 gelas per hari.

8. Propolis
Propolis yaitu seperti getah yang dihimpun lebah madu dari beragam pohon, aliran getah, atau sumber botani yang lain, yang dipakai oleh lebah untuk menutupi atau melakukan perbaikan celah pada sarangnya. Mulai sejak th. 350 SM sampai saat ini, propolis diakui jadi obat herba yang dapat mengobati beragam penyakit

Beberapa bahan yang digunakan dalam cara mengobati batuk secara alami tersebut adalah bahan yang mudah didapat. Lakukan pengobatan menggunakan bahan-bahan tersebut secara rutin sampai batuk benar benar sembuh.